Pendidikan merupakan napas Kehidupan, tanpa pendidikan akan terasa berat melangkah......

Kamis, 23 Februari 2012

Pulau Monyet

Monyet merupakan seekor binatang yang sudah mulai punah keberadaannya. Pada abad 17 monyet merupakan binatang yang dapat beradaptasi dengan manusia. Di Thailand terdapat banyak jenis monyet, diperkirakan ada sekitar 76 jenis monyet yang saat ini juga sudah mulai punah oleh tangan manusia. Ironis sekali kalau hal ini dibiarkan dan tanpa adanya keinginan untuk melestarikan, bisa kita bayangkan 50 tahun kedepan bagaimana keberadaan monyet. Di Iindonesia sendiri sangat sulit sekali kita jumpai monyet, hal ini bisa disebabkan karena banyak hutan yang ditebang secara bebas sehingga dapat mengusik keberadaan mereka. Di Sumatera ada salah satu pulau yang didiami oleh ribuan monyet sehingga pulau itu dinamakan Pulau Monyet. Pulau Monyet ini berada di Pesisir Selatan Sumatera Barat. Pulau ini digunakan sebagai salah satu tempat untuk melindungi satwa langka ini dan sekarang pulau ini juga menjadi objek wisata. Wisatawan dari luar daerah bahkan dari luar negeri pun tidak segan-segan datang ke pulau ini hanya sekedar ingin menyaksikan monyet-monyet yang berkeliaran di pulau ini disamping bisa menikmati udara segar pulau monyet ini.
Pulau monyet ini juga menyediakan fasilitas untuk kegiatan bagi para pecinta alam. Banyak mahasiswa  pecinta alam yang mengadakan camping disana. Waktu yang diperlukan untuk dapat sampai ke pulau monyet ini  kira-kira 30 menit dari kota Painan Pesisir Selatan dengan menggunakan perahu Boat kecepatan sedang. Biaya yang harus dikeluarkan untuk sekali perjalanan menuju Pulau Monyet ini adalah Rp. 25.000,- untuk setiap orang.
Pulau monyet ini banyak menawarkan keindahan alam lainnya diantaranya adalah pasir pantainya yang bersih dan putih serta lingkungan sekitar pulau yang masih alami. Udara pagi yang sangat menyegarkan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pulau monyet. Bagi anda yang belum pernah mencoba datang ke Pulau Monyet..... silahkan anda mencoba berlibur ke sana, anda akan mendapatkan sedikit ketenangan ketika berada di Pulau Monyet tersebut. Anda akan merasa seperti di dalam hutan yang masih alami.